HARI GIZI NASIONAL 2022

  • TUNJUNGTIRTO.SINGOSARI
  • Jan 25, 2022

25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional sejak tahun 1960. Dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi di Indonesia. Hari Gizi Nasional ini merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak dalam rangka membangun masyarakat yang sehat melalui gizi seimbang. Pada Hari Gizi Nasional Tahun 2022 ini Kementrian Kesehatan mengabil tema "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas". 

Menurut Kemenkes masalah stunting dan obesitas di Indonesia masih perlu untuk perhatikan. Stunting adalah gangguan pertumbuhan anak akibat kurang gizi kronis dan infeksi berulang ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak yang berada di bawah standar rata-rata. stunting pada anak dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Sedangkan obesitas merupakan faktor risiko terhjadinya Penyakit Tidak Menular seperti Penyakit Jantung Koroner, Diabetes Militus atau Kencing Manis dan hipertensi atau darah tinggi. Pencegahan obesitas dapat dilakukan dengan cara menjalankan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) seperti melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur, mengurangi konsumsi gula garam dan lemak, tidak merokok serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Terapkan gizi seimbang dengan konsumsi aneka ragam makan sumber gizi dan pola hidup yang sehat.

#harigizinasional2022 #desatunjungtirto #malangkab