TUNJUNGTIRTO BERSIH BERSERI - TPS 3 R

  • Oct 07, 2022

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan fasilitas kebersihan dan tempat pembuangan sampah serta untuk meminimalisir perilaku masyarakat yang tidak baik dengan membuang sampah disungai/membakar sampah/perilaku membuang sampah lainnya yang meganggu lingkungan, maka pada tahun 2019 Pemerintah Desa Tunjungtirto membangun hangar TPS sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Pembangunan hangar ini merupakan bantuan dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang, sedangkan pagar dan jalan untuk mempermudah mobilitas dumptruck dan kendaraan angkut lainnya adalah bersumber dari APBDes.

Dari tahun 2019 sampai dengan awal tahun 2021 kegiatan pengangkutan sampah dari rumah tangga ke TPS berjalan lancar. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dimana jumlah penduduk dan aktifitas masyarakat semakin bertambah sehingga menambah permasalahan tersendiri bagi aktifitas Unit Berseri Bumdes Maju Bersama selaku pengelola sampah di Desa Tunjungtirto karena volume sampah semakin bertambah banyak dan pihak pengangkut sampah yang bekerjasama dengan Tunjungtirto tidak mampu menyediakan fasilitas ritasi yang tepat waktu serta biaya operasional yang terkumpul dari anggota penerima manfaat layanan kebersihan juga semakin menipis karena banyaknya pengeluaran yang harus dipergunakan untuk perawatan sarana prasana kebersihan dan biaya operasional tenaga kebersihan lainnya.

     Akan tetapi dari berbagai permasalahan sampah yang muncul tersebut tidak menyurutkan semangat Pemerintah Desa Tunjungtirto beserta masyarakat untuk bersama sama mencari penyelesaian masalah hingga terciptanya sebuah ide membuat TPS 3R sendiri di wilayah Desa Tunjungtirto. Akhirnya TPS 3 R didirikan diatas tanah kas desa di Dusun Bunder RW 01 Desa Tunjungtirto seluas 1570 m². Adapun fasilitas yang ada pada TPS 3R Desa Tunjungtirto ini terdiri dari:

  • Gedung kantor seluas 485 m².
  • Area parker kendaraan seluas 81 m².
  • Area dropping seluas 60 m².
  • Area pemilahan seluas 60 m².
  • Area komposting seluas 120 m².

Selain itu untuk operesional kegiatan di TPS 3 R, unit ini telah mempunyai kendaraan roda 3 untuk mengangkut sampah sebanyak 10 unit, tenaga kebersihan sebanyak 10 orang, serta pengurus paguyupan sampah sebanyak 5 orang.

Sebagaimana yang telah kami uraiakan sebelumnya tentang kelengkapan fasilitas pada TPS 3R tersebut, perlu kami informasikan bahwa TPS ini dikelola oleh Unit Berseri BUMDes Maju Bersama Desa Tunjungtirto dengan jumlah pemanfaat sebagai berikut:

  1. Rumah Tangga            : 2.090 KK
  2. Pengusaha Kost          : 35 Rumah
  3. Usaha Mikro               : 55 Usaha
  4. Perusahaan                  : 20 Perusahaan
  5. Jumlah                         : 2.200 Pemanfaat

Dengan adanya TPS 3 R ini ada banyak perubahan sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sebagai berikut:

    1. Masyarakat memahami tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, sehingga masyarakat tidak membuang sampah di sungai yang dapat berakibat buruk bagi lingkungan dan area pertanian.
    2. Masyarakat memahami tentang pentingnya melakukan pemilahan sampah rumah tangga untuk mempermudah dalam proses daur ulang serta bernilai jual.
    3. Masyarakat memahami tentang pentingnya usaha, kerjasama dan pemberdayaan masyarakat untuk kepentingan lingkungan yang nyaman.